Reporting, responding, relating, reasoning, reconstructing (5R)
https://bit.ly/44iElHY
Pada modul 1.3 Guru Penggerak, Saya menerapkan pendekatan Model 6 (5R) untuk meningkatkan pemahaman saya tentang peran dan tanggung jawab sebagai guru penggerak. Pada kegiatan jurnal refleksi dwimingguan ini, saya akan membahas bagaimana menggunakan pendekatan Model yang ke-6 (5R) telah membantu saya dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri saya selama dua minggu terakhir. Sehingga, saya dapat menuliskan refleksi pembelajaran ini dengan lancar.
Tahap Reporting
Model 6 (5R) ini menjadi pendekatan yang minta saya untuk melaporkan pengalaman dan pemahaman terkait dengan peran saya sebagai guru penggerak. Saya menilai tahap ini sangat penting karena menjadikan diri saya bisa merefleksikan pengalaman saya sebagai guru dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan saya dalam mendukung perubahan positif di sekolah.
Tahap Responding
Selanjutnya saya diharapkan memberikan tanggapan dan umpan balik terhadap refleksi yang dilakukan oleh rekan-rekan guru lainnya. Pada kesempatan ini, menurut saya sangat berharga karena memberi kami kesempatan untuk saling belajar dan memperluas pemahaman kami tentang peran guru penggerak. Dari tanggapan yang diberikan, saya juga memperoleh pengetahuan baru dan gagasan yang dapat saya tularkan di lingkungan sekolah.
Tahap Relating
Pada tahap ini, saya diminta untuk menghubungkan pengalaman dan pemahaman saya dengan cakpan yang lebih luas, seperti kebijakan pendidikan, gaya pendidikan yang terbaru, dan tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan indonesia. Saya menjumpai bahwa melalui kegiatan ini, saya dapat melihat tugas saya sebagai guru penggerak dalam wawasan yang lebih luas dan memahami pentingnya beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan pendidikan.
Tahap Reasoning
Tahap keempat ini membawa analisis dan refleksi yang perlu diresapi tentang peran guru penggerak. Saya diminta agar memakai pemikiran logis dan kritis untuk mengerti apa tujuan saya sebagai guru penggerak dan membuat strategi yang manjur untuk mencapainya. Saya menemukan bahwa proses berpikir ini membantu saya untuk mengenali langkah-langkah nyata yang dapat saya ambil untuk mendorong perubahan positif di sekolah.
Tahap Reconstructing
Adapun tahap terakhir dari Model 6 (5R) yaitu reconstructing. Tahap ini menghendaki saya untuk membangun pemahaman dan tindakan saya sebagai guru penggerak. Saya merasa bahwa tahap ini membolehkan saya untuk menghubungkan semua pengetahuan yang saya peroleh selama modul ini menjadi rencana tindakan yang nyata dan tepat. Saya bersepakat untuk menerapkan rencana tindakan ini dan terus mengembangkan diri saya sebagai guru penggerak yang lebih efektif.
Pendekatan Model 6 (5R) ini, menjadikan petunjuk yang jelas dalam proses pembelajaran dan
pengembangan diri saya sebagai seorang guru penggerak. Tahapan
reporting, responding, relating, reasoning, dan reconstructing, membuat saya dapat
melihat peningkatan pribadi dan pemahaman yang bermakna. Saya bersedia untuk
menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru ini dalam praktik sehari-hari saya
di sekolah dan berpartisipasi dalam membawa transformasi positif dalam dunia
pendidikan.







.png)
0 comments:
Posting Komentar