Sabtu, 29 Juli 2023

Diagram frayer Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi


    Diagram Frayer adalah  sebuah diagram yang bertujuan untuk mempermudah penyampaian sebuah informasi. Informasi yang disampaikan berupa kosakata. Diagram ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi siswa sehingga lebih mudah menganalisis sebuah kosakata. Diagram ini membantu siswa berpikir tentang makna kata baru atau konsep baru dengan mengaktifkan pengetahuan mereka berdasarkan kata kunci atau pengetahuan sebelumnya. 

Proses pembuatan diagram Frayer adalah langkah-langkah untuk membuat diagram yang jelas dan sistematis yang memvisualisasikan definisi suatu konsep atau topik, beserta ciri-ciri, contoh-contoh, dan informasi lain yang terkait. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam proses pembuatan diagram Frayer tentang suatu konsep, seperti "Pembelajaran Berdiferensiasi":

Kegiatan 1: Identifikasi Konsep

Tentukan konsep atau topik yang akan dijelaskan dalam diagram Frayer. Dalam kasus ini, konsepnya adalah "Pembelajaran Berdiferensiasi."

Kegiatan 2: Penulisan Definisi

Tuliskan definisi lengkap dari konsep tersebut. Pastikan definisi tersebut jelas dan mudah dipahami.

Kegiatan 3: Identifikasi

Pikirkan ciri-ciri atau karakteristik utama dari konsep "Pembelajaran Berdiferensiasi." Ciri-ciri ini harus mencerminkan sifat atau atribut yang khas dari pembelajaran berdiferensiasi.

Kegiatan 4: Identifikasi

Temukan contoh-contoh nyata yang menggambarkan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat diimplementasikan dalam situasi atau lingkungan belajar tertentu.

Kegiatan 5: Penyusunan Diagram

Mulailah menyusun diagram Frayerdengan cara sebagai berikut:

Buat kotak besar di tengah halaman dan tuliskan judul "Pembelajaran Berdiferensiasi" di dalamnya. Buat empat kotak di sekitar kotak besar sebagai bagian dari diagram Frayer, dan labeli masing-masing kotak sesuai dengan tahap yang berbeda, yaitu "Definisi," "Ciri-ciri/Karakteristik," "Contoh-contoh," dan "Bukan Pembelajaran Berdiferensiasi." Masukkan definisi yang telah ditulis sebelumnya ke dalam kotak "Definisi." Masukkan ciri-ciri/karakteristik yang telah diidentifikasi ke dalam kotak "Ciri-ciri/Karakteristik." Masukkan contoh-contoh yang telah diidentifikasi ke dalam kotak "Contoh-contoh." Terakhir, masukkan contoh yang menjelaskan situasi yang tidak merupakan pembelajaran berdiferensiasi ke dalam kotak "Bukan Pembelajaran Berdiferensiasi."

Pastikan tampilan diagram bersih dan mudah dibaca, dengan setiap informasi di dalam kotak dapat dengan jelas terhubung dengan konsep utama "Pembelajaran Berdiferensiasi" di kotak besar. Gunakan ikon atau simbol grafis jika diperlukan untuk lebih memvisualisasikan ide-ide yang terkandung dalam diagram.

Kegiatan 6: Revisi dan Penyelesaian

Setelah selesai menyusun diagram Frayer, lakukan revisi jika diperlukan untuk memastikan informasi di dalamnya akurat dan jelas. Pastikan juga tampilan keseluruhan diagram terorganisasi dengan baik. Setelah revisi selesai, periksa kembali kesesuaian informasi di setiap kotak dengan konsep utama.

Skenario dalam pembuatan Diagram Frayer Dengan Judul Pembelajaran Berdiferensiasi : Apa definisi pembelajaran berdiferensiasi? Apa saja ciri-ciri/karakteristik pembelajaran berdiferensiasi? Contoh-contoh pembelajaran berdiferensiasi? Yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi?

0 comments:

Posting Komentar

Bagaimana Cara Merekam Layar di OBS Studio?

  OBS Studio adalah sofware perekam layar gratis dan opensource yang mudah digunakan dan punya kualitas tinggi. Berikut ini cara merekam lay...