Pembelajaran Berdiferensiasi:
Meningkatkan Keterlibatan dan Pencapaian Peserta didik
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada kemajemukan peserta didik, minat, kemampuan kognitif, dan gaya belajar. Modul 2 "Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid" bagi saya memperlihatkan inti dari pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu garis besar dalam membuat lingkungan pembelajaran yang menyeluruh dan paham terhadap kebutuhan peserta didik. Modul ini mengajarkan bagaimana mengenali perbedaan masing-masing peserta didik dan bagaimana mengatur skema pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Pembelajaran berdiferensiasi
mengandung arti memberikan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar,
kemampuan dan kebutuhan peserta didik. Sebagai Guru penggerak, saya dapat
menerapkan beragam metode dan bahan ajar yang dapat diakses oleh semua peserta
didik, sehingga setiap peserta didik dapat belajar secara efektif. Pembelajaran
berdiferensiasi tidak lepas dari penggunaan penilaian yang berbeda-beda untuk
melihat kemajuan belajar peserta didik dan menyesuaikan dengan kebutuhan
mereka.
Pembelajaran berdiferensiasi ini
menjadikan saya dapat memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda pada setiap peserta
didik. Peserta didik akan merasa diakui dan didukung dalam proses pembelajaran
mereka. Pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu mencapai hasil belajar yang
maksimal, karena peserta didik akan lebih terpacu untuk belajar ketika mereka
mengangap materi yang disampaikan sesuai dengan kehidupan dan minat mereka.
Pada modul ini, saya diajarkan
bagaimana merencanakan pengalaman pembelajaran yang komperhensif dengan
menerapkan strategi diferensiasi dalam pembelajaran. Saya juga diajarkan
bagaimana memanfaatkan teknologi untuk menyediakan pembelajaran berdiferensiasi
dan menciptakan lingkungan untuk membantu bagi semua peserta didik. Koneksi
antara modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak sangat
jelas dan berkelanjutan sebagai sebuah bagian yang tidak terpisahkan.
Koneksi antara Modul 2 dengan Modul
1 "Calon Guru Penggerak" yang sudah saya pelajari bahwa pembelajaran
berdiferensiasi menjadi salah satu peran penting calon guru penggerak dalam
membuat lingkungan pembelajaran yang komperhensif dan berpihak pada murid.
Sebagai fasilitator pembelajaran, calon guru penggerak harus membenarkan bahwa
setiap peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan merasa
diakui dalam lingkungan belajar.
Dalam kesimpulannya, pembelajaran
berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada keberagaman peserta
didik dan kebutuhan belajar mereka. Hal ini dapat dilakukan di kelas dengan mengenali
perbedaan masing-masing peserta didik dan merencanakan skema pembelajaran yang
sesuai. Dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, sebagai calon guru
penggerak dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik secara kusus,
menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyeluruh, dan membantu mencapai
hasil belajar yang maksimal bagi setiap peserta didik. Koneksi antara modul ini
dengan modul lain dalam Program Pendidikan Guru Penggerak sangat relevan,
karena pembelajaran berdiferensiasi menjadi elemen kunci dalam menciptakan
pendidik yang responsif, inovatif, dan berpihak pada murid.






.png)
0 comments:
Posting Komentar