Pembelajaran untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi
1) Hal yang Paling Saya Kuasai:
Setelah menjalani pembelajaran dua minggu ini,
hal yang paling saya kuasai mendalam adalah tentang pentingnya pembelajaran
berdiferensiasi dalam menciptakan lingkungan belajar inklusif. Saya merasa
sangat menguasainya karena modul ini memberikan contoh-contoh nyata dan
strategi yang jelas untuk merencanakan pengalaman belajar yang sesuai dengan
kebutuhan individu masing-masing siswa. Saya juga telah berhasil mempraktikkan beberapa
teknik berdiferensiasi dalam simulasi pembelajaran kelompok di kelas kami, dan
hasilnya sangat memuaskan. Hal ini menjadikan pemahaman bahwa dengan strategi
yang tepat, setiap siswa dapat diajak berpartisipasi secara aktif dan mencapai
potensinya.
2) Hal yang Belum Saya Kuasai:
Ada beberapa bagian yang belum seutuhnya saya
kuasai, terutama dalam merencanakan dan menyusun materi pembelajaran yang
benar-benar berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan siswa. Sekalipun saya telah
memahami pentingnya konsep ini, saya masih perlu lebih memahami bagaimana
membagi tingkat pemahaman dan gaya belajar individu siswa secara lebih terukur.
Untuk mengatasi hal ini, saya berencana untuk mengambil waktu lebih untuk belajar
tentang alat dan metode yang dapat membantu saya menandai perbedaan dalam gaya
belajar dan level pemahaman siswa.
3) Hal yang Masih Membingungkan Saya:
Pembelajaran pada modul ini tentang pembelajaran berdiferensiasi telah memberikan pandangan yang berharga, tetapi masih ada hal yang membingungkan saya. Salah satu hal yang membuat saya bingung adalah bagaimana mengatasi tantangan peralatan dalam kelas dengan jumlah siswa yang besar. Walaupun pada modul ini memberikan panduan tentang merancang aktivitas berdiferensiasi, saya masih merasa perlu memahami lebih mendalam tentang cara mengelola waktu dan keahlian ketika mengajar kelas dengan beragam kebutuhan dan tingkat pemahaman. Selain itu, saya juga merasa perlu lebih banyak contoh penerapan tentang bagaimana mengatasi hambatan dan tantangan yang sewaktu-waktu terlihat saat melaksanakan pendekatan berdiferensiasi. Saya berencana untuk berdiskusi dengan rekan-rekan guru, pengajar praktik dan instruktur untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas dan pemecahan masalah yang lebih baik.
Kesungguhan saya untuk terus belajar dan beradaptasi, saya yakin bahwa saya akan dapat mengatasi tantangan yang masih sering terlihat dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Proses ini memang memerlukan waktu dan usaha, tetapi dengan semangat yang kuat, saya yakin akan menjadi guru yang lebih baik dan solutif terhadap kebutuhan belajar setiap siswa.






.png)
0 comments:
Posting Komentar