Selasa, 13 Juni 2023

Koneksi antar Materi Modul 1.2 - Refleksi Model 4P

 


    Peristiwa atau momen yang paling penting bagi saya dalam proses pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah saat saya memahami pentingnya menjadi seorang Guru Penggerak yang berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, dan inovatif. Ini adalah momen yang memberikan pencerahan tentang peran saya sebagai pendidik yang lebih besar daripada hanya mengajar di dalam kelas.

    Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah bahwa Modul 1.1 memberikan dasar pemahaman tentang nilai-nilai dan peran Guru Penggerak secara umum, sementara Modul 1.2 lebih fokus pada penerapan nilai-nilai tersebut dalam kegiatan sehari-hari sebagai seorang Guru Penggerak.

    Perasaan saya saat momen tersebut terjadi, saya merasa seperti mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tanggung jawab saya sebagai Guru Penggerak. Saya merasa termotivasi dan antusias untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam praktik pengajaran saya.

    Pembelajaran sebelum momen tersebut terjadi, saya berpikir bahwa sebagai seorang guru, tugas saya hanya terbatas pada memberikan materi pelajaran kepada murid. Namun, sekarang saya menyadari bahwa peran saya sebagai Guru Penggerak lebih besar daripada itu. Saya menyadari pentingnya membangun hubungan yang kuat dengan murid, mendorong kemandirian mereka, merenungkan praktik pengajaran saya, bekerja secara kolaboratif, dan mencari inovasi dalam pembelajaran.

    Penerapan ke depan (Rencana) untuk menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak, saya dapat melakukan beberapa pengembangan diri sederhana, konkret, dan rutin. Berikut adalah beberapa rencana yang dapat saya lakukan:

1. Mengembangkan keterampilan teknologi pendidikan

    Saya akan mengikuti pelatihan atau workshop tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Dengan menguasai alat-alat dan aplikasi yang relevan, saya dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif bagi murid.

2. Menjalin hubungan yang kuat dengan murid

    Saya akan mengalokasikan waktu dalam jadwal harian untuk berinteraksi secara individu dengan murid-murid saya. Ini dapat dilakukan melalui sesi konseling, mentoring, atau bahkan melibatkan mereka dalam perencanaan dan evaluasi pembelajaran.

3. Membaca dan memperluas pengetahuan

    Saya akan meluangkan waktu untuk membaca literatur pendidikan terbaru dan mengikuti perkembangan terkini di bidang pendidikan. Dengan memperluas pengetahuan saya, saya dapat mengaplikasikan ide-ide inovatif dalam pembelajaran.

4. Melakukan refleksi diri secara teratur

    Saya akan mengambil waktu setiap akhir pekan untuk merefleksikan praktik pengajaran saya. Saya akan mencatat apa yang telah berhasil, apa yang perlu ditingkatkan, dan ide-ide baru yang bisa saya coba.

5. Mencari kesempatan kolaborasi

    Saya akan mencari kesempatan untuk berkolaborasi dengan rekan guru dalam tim pengajar di sekolah saya. Kita dapat saling berbagi pengalaman, strategi mengajar, dan menciptakan inovasi bersama.


    Melalui langkah-langkah ini, saya berharap dapat memperkuat nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak, memberikan dampak positif dalam pembelajaran murid, dan terus berkembang sebagai pendidik yang lebih baik. Serta bisa terus tergerak, bergerak, dan menggerakkan. Salam Guru Hebat dan Bahagia.


0 comments:

Posting Komentar

Bagaimana Cara Merekam Layar di OBS Studio?

  OBS Studio adalah sofware perekam layar gratis dan opensource yang mudah digunakan dan punya kualitas tinggi. Berikut ini cara merekam lay...