Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Webinar Online 2

Pelatihan 3D AR (Augmented Reality) untuk membuat Media Pembelajaran menarik dan menyenangkan.

Sagusablog

SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) bertujuan mengajak Guru diseluruh Indonesia untuk belajar bersama membuat media pembelajaran berbasis blog, sehingga pembelajaran bisa lebih menyenangkan dan tidak lagi terbatas dengan jarak dan waktu..

Rabu, 13 September 2023

Rabu, 23 Agustus 2023

Definisi Pembelajaran Sosial dan Emosional

 


Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional agar dapat:

Selasa, 22 Agustus 2023

Koneksi Antar Materi - Modul 2.2 Calon Guru Penggerak

 

Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional (PSE)

Apa kesimpulan tentang perubahan pengetahuan, keterampilan, sikap sebagai pemimpin pembelajaran setelah mempelajari pembelajaran sosial dan emosional?

Setelah mempelajari modul Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) ini, kesimpulan yang dapat saya ambil adalah perubahan yang sangat terlihat dari segi pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai pemimpin pembelajaran di kelas. Saya sekarang memahami bahwa pembelajaran sosial dan emosional bukan hanya tentang pengembangan akademik, tetapi juga tentang membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan interpersonal yang kuat. Pengetahuan saya tentang bagaimana emosi dan interaksi sosial mempengaruhi proses belajar telah meningkat secara lebih kusus. Selain itu, saya juga memiliki keterampilan pemecahan yang solutif dalam merancang pengalaman belajar yang memasukkan aspek sosial dan emosional. Sikap saya sebagai pemimpin pembelajaran telah berubah menjadi lebih peka terhadap kebutuhan emosional siswa dan lebih terbuka untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan holistik mereka.

Apa kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah anda pelajari dengan modul-modul sebelumnya?

Kaitan pembelajaran sosial dan emosional yang telah saya pelajari dengan modul-modul sebelumnya sangatlah terhubung. Pembelajaran sosial dan emosional tidak berdiri sendiri, tetapi terhubung dengan prinsip-prinsip pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya. Misalnya, konsep pengajaran diferensiasi yang telah diajarkan sebelumnya dapat diterapkan dalam pembelajaran sosial dan emosional dengan mempertimbangkan perbedaan kebutuhan dan perbedaan masing-masing siswa dalam pengembangan keterampilan sosial dan emosional.

Selain itu, konsep pembelajaran kolaboratif juga berhubungan erat dengan pembelajaran sosial dan emosional. Melalui kerjasama dalam kegiatan yang mendorong interaksi positif, siswa dapat mempraktikkan keterampilan sosial mereka dan membangun hubungan yang kuat dengan teman sekelas.

 

Dalam konteks kepemimpinan, modul-modul sebelumnya yang membahas kepemimpinan transformasional dan pengembangan budaya sekolah juga relevan dengan pembelajaran sosial dan emosional. Sebagai pemimpin, saya memiliki tanggung jawab untuk menciptakan budaya sekolah yang mendukung pengembangan sosial dan emosional siswa, serta memimpin perubahan menuju pendekatan pembelajaran yang lebih holistik dan inklusif.

Secara keseluruhan, pembelajaran sosial dan emosional merupakan landasan yang kuat untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip pembelajaran yang telah dipelajari sebelumnya, serta membangun lingkungan pembelajaran yang berfokus pada perkembangan keseluruhan individu.

 

Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa …… sehingga…..

Setelah mempelajari modul ini, ternyata ………….

Sebelum mempelajari modul ini, saya berpikir bahwa pembelajaran sosial dan emosional mungkin hanya memiliki dampak terbatas pada perubahan pengetahuan dan sikap, namun setelah mempelajari modul ini, ternyata pembelajaran sosial dan emosional memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan pembelajaran. Saya menyadari bahwa sebagai pemimpin pembelajaran, memiliki pemahaman yang mendalam tentang aspek sosial dan emosional akan memungkinkan saya untuk lebih paham terhadap kebutuhan emosional siswa dan membangun lingkungan yang inklusif, mendukung perkembangan secara keseluruhan mereka.

Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman untuk memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensi akademik maupun kesejahteraan psikologis (well-being), 3 hal mendasar dan penting yang saya pelajari adalah:

Berkaitan dengan kebutuhan belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman, tiga hal mendasar yang saya pelajari adalah:

1.Kesadaran Emosional

Memahami pentingnya membantu siswa mengembangkan kesadaran akan emosi mereka sendiri dan orang lain. Hal ini akan membantu mereka mengelola emosi dengan lebih baik, membangun hubungan yang sehat, dan mengembangkan keterampilan interpersonal yang kuat.

2.Keterampilan Sosial

Mengajarkan keterampilan sosial kepada siswa melalui pembelajaran sosial dan emosional akan membantu mereka berkomunikasi dengan efektif, bekerja dalam tim, dan memecahkan konflik secara konstruktif. Keterampilan ini tidak hanya bermanfaat dalam lingkungan sekolah, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan mereka.

3.Pemberdayaan Diri

Memahami bahwa pembelajaran sosial dan emosional dapat membantu siswa mengembangkan kepercayaan diri, motivasi intrinsik, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan. Ini akan berdampak positif pada kesejahteraan psikologis mereka dan kemampuan mereka untuk menghadapi tantangan akademik dan kehidupan.

 

Berkaitan dengan no 2, perubahan yang akan saya terapkan di kelas dan sekolah:

bagi murid-murid:

bagi rekan sejawat:

 

Perubahan yang akan saya terapkan di kelas dan sekolah:

Bagi murid-murid

Mengintegrasikan kegiatan dan refleksi terstruktur yang berfokus pada pengembangan kesadaran emosional dan keterampilan sosial dalam kegiatan pembelajaran atau RPP.

Menciptakan lingkungan yang mendukung ekspresi emosi yang sehat dan menyediakan alat-alat untuk mengatasi stres dan tekanan, seperti permainan yang menyenangkan dan teknik STOP.

Bagi rekan sejawat:

Berkolaborasi untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang menggabungkan aspek sosial dan emosional dalam konten akademik.

Mengadakan pengimbasan tentang pentingnya pembelajaran sosial dan emosional dalam mengembangkan kesejahteraan siswa.

Melalui perubahan ini, saya berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif, mendukung, dan menyeluruh bagi siswa, serta berkontribusi pada pengembangan kualitas kepemimpinan pembelajaran di sekolah.

Bagaimana Cara Merekam Layar di OBS Studio?

  OBS Studio adalah sofware perekam layar gratis dan opensource yang mudah digunakan dan punya kualitas tinggi. Berikut ini cara merekam lay...